Lightning Arrester

Lightning arrester

Pada saat terjadi sambaran petir yang mengenai kabel udara PLN, maka tegangan listrik akan melonjak besar yang dapat mengakibatkan kerusakan pada perangkat elektronik yang ada pada bangunan atau gedung yang ada di sekitar area sambaran tersebut.

Untuk menghidari kerusakan akibat sambaran petir tersebut, maka perlu dipasang Arrester yang berfungsi untuk memotong arus lebih yang dihasilkan oleh sambaran petir tersebut.

Arus lebih yang telah dipotong tadi lalu alirkan menuju titik grounding / pembumian.

Pembuatan tempat pembumian harus bagus dengan nilai tahanan tidak lebih dari 5 Ohm sehingga tidak mengganggu kinerja arrester.

Dengan demikian adanya tegangan kejut atau surge tidak akan merusak peralatan listrik, dan dengan tanpa memutuskan arus listrik sedikitpun.

Prinsip kerja lightning arrester ini banyak digunakan untuk pasangan peralatan penangkal petir External karena dapat menghindari bahaya sambaran petir side flashing atau sambaran petir tidak langsung.

Karena, jika hanya menggunakan sistem penangkal petir External saja meskipun aman dari sambaran petir kerap kali terjadi kerusakan pada alat-alat elektronik.

Dengan memanfaatkan prinsip kerja arrester ini maka kerusakan perangkat elektronik akibat dari sambaran petir yang mengenai kabel udara PLN dapat dihindari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *